Wednesday, January 2, 2013

Mewarnai Rambut dengan Easy Paint Tool Sai

Di tutorial kali ini, Saya akan membahas tentang bagaimana mewarnai rambut dengan Paint Tool SAI. Kenapa harus rambut? Kenapa gax kulit atau pakaian dulu?
Nah saya pun tidak tahu kenapa harus rambut terlebih dahulu . . . :D
Daripada ngelawak tidak ada habisnya langsung saja kita mulai. Bagi Sob SAI lover’s yang menginginkan garis line untuk gambar ini, bsa di download disini. Kalau ingin orang yang gambarnya, saya tidak dapat memenuhi permintaan. Soalnya yang gambar bukan saya . . .
Nah, persiapkan dulu peralatannya, Cukup sediain Komputer, Laptop / netbook yang ada mouse-nya. Dan inilah langkahnya :
1. Buka Program Paint Tool SAI pastinya
2. Buka File Gambar anda yang sudah anda beri garis line. Tentunya Formatnya disarankan Paint Tool SAI jikalau mau format yang lain bsa juga Adobe Photoshop. Jika mau yang instan, download disini
3. Menyembunyikan wajah agar tidak mengganggu. Caranya hilangkan tanda mata pada folder wajah.
Jika sudah, kembali ke folder ter atas dan klik magic wand. Tandai rambut depan saja. Magic wand kita gunakan untuk meminimalisir kesalahan yang kita buat.
4. Lanjutkan dengan membuat folder untuk warna dan menambahkan New Layer untuk pewarnaan. Saya menamai dengan nama “Dasar”.  Gunakan Pen untuk mewarnai. Disini saya ingin mencoba warna biru untuk mewaranai rambut. Rencananya mau merah. Tapi tidak jadi. Warnai saja gambarnya Sob SAI lover’s, dijamin gax akan melenceng dari garis "magic wand".
5. Buat lagi "new layer" (tulis dengan nama bayangan) dan gunakan Pen untuk mewarnai. Sob Sai Lover’s, pewarnaan kali ini haruslah hati-hati. Soalnya kesalahan sering terjadi disini. Saya juga butuh waktu untuk mewarnai disini. Dan untuk kesalahannya, Saya menggunakan "Eraser" untuk menghapus garis yang salah tersebut.
6. Kemudian Gunakan "Blur" di atas dan dibawah Bayangan. Nie Saya Gunakan Agar garis yang lancip dapat tertutupi. Soalnya garis lancipnya saya banyak yang salah.
7. Buat lagi New Layer dan kasih nama Cahaya (saya harap Sob SAI lover’s gax ada yang namanya cahaya). Dengan menggunakan "pen". Buat pencahayaannya.
8. Sob SAI lover’s, itu kan ada garis hitam (garis pemisahnya). Jadi hapus garis putih (jangan sampai menyentuh garis hitam. Tapi cara ini terserah Sob SAI lover’s saja. Boleh juga tidak dihapus, tapi harus di akali sendiri nantinya.
9. Blur . ..  Blur. .  .. Blur .. . . tapi ingat Sob SAI lover’s. Jangan terlalu banyak Blur ya . . . nanti garisnya hilang . . .
10. Kembali lagi ke folder teratas dan dengan menggunakan Magic Wand, tandai sisa rambut yang belum terwarnai.
11. Langsung aja ya. Dengan cara seperti diatas, buat warna dasar dan bayangannya. Contohnya dibawah nie
Inget Blur, inget yang diatas tadi. Lakukan dengan hati dan cinta . . . (plak . . .)
12. Cahaya lagi, cahaya lagi. Buat New Layer lagi . . . lakukan dengan "Pen" dan hapus kesalahan dengan "Eraser".
13. Lakukan "Blur". Sepertinya saya  capek nulis. Tapi untuk Sob SAI yang menunggu pewarnaan ini, saya akan teruskan. . . . (>.<) semangatttt!!!! yeah . . . .
14. Tidak kusangka sudah selesai. Klik gambar mata pada wajah dan lihat hasilnya
Jika ada kritik  saran, harap masukan di kotak commentar ya??
15. Biar saya dapat sewaktu-waktu melihat, serta  dapat tahu siapa yang membaca tulisan di atas . . .
Comentar makin banyak, yang nonton makin banyak. saya buatnya makin semangat. Dan siapa tau saja nanti bisa lebih aktif lagi . . .
Jika ada kesalahan pengucapan ataupun menyinggung Sob SAI lover’s, Sayaminta maaf . . .
Kita akhiri untuk tutorial kali ini ya Sob . . .

2 comments:

Unknown said...

assalamualaikum ..
tutorialnya bagus, mudah dipahami .. ^^

kak saya baru belajar sai ni, masih bingung kenapa harus ada layer banyak yah ?
terus cara mewarnai mata gimana biar terasa lebih hidup gitu ?

xovan-ciel said...

sebelumnya saya ucapkan terima kasih udah berkunjung ke blog saya. jadi gini melawati, layer banyak karena tiap layer berisi satu wrna untuk bagian tertentu misalkan kulit atau baju, nah tiap layer khusus untuk satu warna bagian tertentu agar warna nya tidak berbenturan.

kalo untuk mata kasih efek mengkilat aja seperti warna hitam dikasih wrna putih sedikit.

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan